Mau ke Garut? KAI Sudah Sediakan KA Cikuray dengan Harga Tiket Rp 45.000

 


PT Kereta Api Indonesia (Persero) akhirnya mengeluarkan jadwal terbaru kereta api untuk tujuan Stasiun Garut, Jawa Barat. Para calon penumpang bisa naik KA Cikuray yang berangkat dari Stasiun Pasarsenen, Jakarta Pusat. Tiket KA Cikuray bisa dipesan mulai hari ini dengan keberangkatan perdana Jumat, (25/03/2022).

Melalui jadwal terbaru kereta api, KA Cikuray berangkat dari Stasiun Pasarsenen pada pukul 17.55 WIB dan tiba di Stasiun Garut pada pukul 00.53 atau dengan waktu tempuh 6 jam 58 menit. Adapun kelas yang ditawarkan hanya Ekonomi dengan tarif tiket Rp 45.000.

Sementara itu, bagi para calon penumpang yang ingin kembali ke Jakarta dari Garut, KAI menyediakan kereta yang sama dengan waktu keberangkatan pada pukul 07.05 WIB dan tiba pada pukul 13.32 WIB atau dengan waktu tempuh 6 jam 27 menit. Kelas Ekonomi dengan tarif tiket Rp 45.000.

Baca Artikel: Menanti KA Kamojang Express yang Mengantarkan Penumpang Jakarta ke Garut

Baca Artikel: Reaktivasi Jalur KA Cibatu-Garut Segera Beroperasi, Tinggal Tunggu Restu Kemenhub

Baca Artikel: Charlie Chaplin, Kereta Api, dan Jejaknya di Garut


KAI Sudah Sediakan KA Cikuray dengan Harga Tiket Rp 45.000/Dok: KAI


Saat ini, KAI baru menyediakan 1 kali perjalanan Pulang-Pergi (PP) setiap harinya untuk KA Cikuray. Tiket sudah dapat dibeli di website kai.id dan channel penjualan tiket lainnya.

Berikut Stasiun Pemberhentian KA Cikuray:

- Pasarsenen

- Bekasi

- Karawang

- Cikampek

- Purwakarta

- Sukatani

- Sesaksaat

- Padalarang

- Cimahi

- Bandung

- Kiaracondong

- Cicalengka

- Nagreg

- Leles

- Cibatu

- Garut 

Jadwal KA Cikuray/Dok: KAI


Sebagai catatan, rute Stasiun Garut-Pasarsenen ini sudah empat kali uji coba dengan menggunakan rangkaian gerbong yang seharusnya melalui rute Bandung-Garut. Resmi beroperasi, rute Garut-Jakarta (Pasarsenen) ini juga sekaligus menjadi reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut yang terakhir kali beroperasi pada 1983.

Sementara itu, penamaan KA Cikuray diusulkan oleh Pemkab Garut. Cikuray dikenal sebagai nama sebuah gunung bertipe Stratovolcano yang terletak di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut, Jawa Barat. 

Selain KA Cikuray, KAI juga menyediakan kereta api lainnya menuju Garut yaitu KA Garut Cibatuan dengan rute Garut - Purwakarta pp. KA Garut Cibatuan merupakan KA Lokal yang terdiri dari 7 kereta ekonomi dengan kapasitas total 1.113 pelanggan. 

Pada masa pandemi kapasitas maksimal Kereta Api Lokal yaitu 70 persen dari kapasitas maksimal, sehingga kapasitasnya menjadi 780 pelanggan. KA Garut Cibatuan memiliki 4 jadwal keberangkatan yaitu:

1.   KA 451E Relasi Garut – Padalarang berangkat Garut pukul 06.05 datang Padalarang pukul 10.23

2.   KA 441E Relasi Garut – Purwakarta berangkat Garut pukul 10.55 datang Purwakarta pukul 17.15

3.   KA 448E Relasi Purwakarta – Garut berangkat Purwakarta pukul 04.10 datang Garut pukul 10.29

4.   KA 442E Relasi Purwakarta – Garut berangkat Purwakarta pukul 16.15 datang Garut pukul 22.23

Untuk tiket KA Garut Cibatuan dijual dengan harga Rp15.000 rute Garut - Purwakarta pp yang hanya dijual secara go show mulai 3 jam sebelum keberangkatan. Adapun KA Garut Cibatuan juga termasuk KA Lokal PSO dengan tarif yaitu Rp6.000 s.d Rp14.000 tergantung jarak perjalanan.

“Pengoperasian KA Cikuray dan KA Garut Cibatuan ini sudah sangat dinantikan oleh masyarakat selama ini. Hadirnya kedua KA tersebut diharapkan dapat meningkatkan konektivitas, membuka potensi wisata baru, serta meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah Garut dan sekitarnya,” ungkap Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangannya, Kamis (24/03/2022).

Jadwal KA Garut Cibatuan dengan rute Garut-Purwakarta PP/Dok: KAI



Wiji Nurhayat

Wiji Nurhayat - Blogger yang menyukai perkembangan perkeretaapian di Indonesia, maniak trading & investasi, serta badminton lover.

Posting Komentar

Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan sharing buttons di atas. Thank you.

Lebih baru Lebih lama