Menanti KA Kamojang Express yang Mengantarkan Penumpang Jakarta ke Garut

 


Reaktivasi jalur KA Cibatu-Garut tinggal menunggu hari untuk dioperasikan. Seluruh sarana dan prasarana telah siap, tinggal menunggu restu Kementerian Perhubungan. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah menyediakan satu kereta api (KA) khusus yang akan mengantarkan penumpang dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Garut, yaitu KA Kamojang Express.

KAI diketahui telah beberapa kali melakukan uji coba perjalanan KA Kamojang Express. Untuk uji coba, KAI melakukannya dari Stasiun Pasarsenen menuju Stasiun Bandung dan dilanjutkan ke Stasiun Cibatu dan berakhir ke Stasiun Garut PP.

Untuk pengoperasiannya nanti, Kemenhub memberikan subsidi atau PSO (Public Service Obligation) KA Kamojang Express. KA Kamojang Express merupakan satu dari 9 KA Ekonomi Jarak Sedang yang mendapatkan subsidi pada tahun ini. 

Saat ini, KAI belum merilis harga tiket maupun formasi KA Kamojang Express. Namun KAI terus melakukan trial and run mulai Minggu (20/2) hingga 13 Maret 2022 mendatang. KAI juga telah melakukan kegiatan uji coba prasarana pada 12-19 Februari lalu.

“Sesuai jadwal, rangkaian kegiatan uji coba ini akan dilanjutkan dengan memasuki tahap trial and run dimulai dari hari ini hingga tanggal 13 Maret 2022 nanti,” tutur Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Risal Wasal, dalam keterangan resmi, Minggu (20/2/2022).

Tahapan trial and run merupakan tahapan uji coba dengan menggunakan sarana berisi penumpang terbatas. Kegiatan trial and run yang dimulai hari ini dilakukan dengan uji coba Kereta Luar Biasa (KLB) dari Stasiun Garut hingga Stasiun Pasar Senen.

“Antusiasme masyarakat terhadap pengoperasian kembali jalur kereta api sampai Garut sangat luar biasa, dapat dilihat sepanjang perjalanan uji coba tadi, masyarakat sangat menanti kehadiran rangkaian KLB di stasiun,” tutur Risal.

Risal menambahkan trial and run merupakan prasyarat penting sebelum prasarana perkeretaapian dapat dioperasikan guna memastikan keselamatan dan kelaikoperasian jalur, bangunan, maupun fasilitas operasi kereta api.

Baca Artikel: Reaktivasi Jalur KA Cibatu-Garut Segera Beroperasi, Tinggal Tunggu Restu Kemenhub

Baca Artikel: Kemenhub Bangun 170 Km Rel KA Tahun Ini, Ada Reaktivasi Jalur Semarang Tawang-Tanjung Mas

Baca Artikel: Kasus Omicron Meningkat, Bagaimana Syarat Naik KA Jarak Jauh dan Lokal?


Sebagai catatan, bersiap melayani masyarakat Garut dan sekitarnya melalui reaktivasi jalur KA Cibatu-Garut. Jalur sepanjang 19 km ini akan kembali dioperasikan setelah terakhir kali beroperasi pada 1983.

“Untuk jalur KA Cibatu-Garut, seluruh aspek baik sarana, prasarana, serta SDM, semua telah siap. Namun kami masih berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan setelah sebelumnya dilakukan safety assessment terkait jalur tersebut,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus saat dikonfirmasi, Selasa (15/2/2022). 

Peninjauan kesiapan pengoperasian jalur KA Cibatu-Garut telah dilakukan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian, didampingi Direktur KAI, dan Bupati Garut pada Minggu (13/2). Rangkaian uji coba serta trial and run akan terus dilakukan agar dapat segera dilakukan tahapan operasional secara komersial untuk masyarakat umum.

Menanti KA Kamojang Express yang Mengantarkan Penumpang Jakarta ke Garut/Dok: KAI


Dalam hal operasional kereta api, KAI sangat memperhatikan unsur keselamatan. Oleh sebab itu, KAI akan menjalankan jalur KA Cibatu-Garut setelah mendapatkan izin operasional dari Kementerian Perhubungan.

KAI memulai reaktivasi jalur KA Cibatu-Garut sejak 2018. Di samping jalur kereta api, KAI juga membangun kembali 3 stasiun yang dilewati yaitu Stasiun Pasirjengkol, Wanaraja, dan Garut. Pada proses reaktivasi ini, KAI tetap menjaga kelestarian aset yang menjadi bagian dari sejarah Kabupaten Garut tersebut. Misalnya pada pembangunan Stasiun Garut, KAI masih menjaga keaslian bentuk bangunannya.

“Untuk mengakomodasi pelanggan dengan jumlah yang lebih besar, KAI juga telah membangun gedung baru yang lebih megah dan modern di Stasiun Garut,” sebutnya.

Jadi sudah tidak sabar kan jalan-jalan ke Garut dengan naik KA Kamojang Express?

Wiji Nurhayat

Wiji Nurhayat - Blogger yang menyukai perkembangan perkeretaapian di Indonesia, maniak trading & investasi, serta badminton lover.

Posting Komentar

Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan sharing buttons di atas. Thank you.

Lebih baru Lebih lama