LRT Jabodebek Ditargetkan Beroperasi Komersial Juli 2022

Salah satu stasiun LRT Jabodebek/Dok: INKA

Lintas Rel Terpadu Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi atau LRT Jabodebek ditargetkan beroperasi pada Juli 2022. Proyek yang sedang dikerjakan PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) tersebut memperlihatkan progress yang positif.

Sebagai catatan, proyek LRT Jabodebek ini memiliki tiga lintasan dengan total jarak sepanjang 43,6 km. Untuk lintasan Cawang-Cibubur panjangnya 14,6 km. 

Kemudian lintas Cawang-Dukuh Atas dengan berjarak 10,5 km. Sedangkan lintasan tiga, Cawang-Bekasi Timur, memiliki jarak 18,5 km.  Saat ini, ada 4 rangkaian kereta yang sudah terkirim dari total 31 rangkaian di lokasi LRT Jabodebek oleh PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA. 

Baca Juga : Tampilan dan Fitur Baru Aplikasi Railink Mudahkan Penumpang KA Bandara Soetta

Sementara itu dikutip kompas.com, progres konstruksi LRT Jabodebek Tahap I sudah mencapai 74,38% hingga Sabtu (29/8). Dari tiga lintas pelayanan, Lintas Pelayanan I Cawang-Cibubur mencatat perkembangan paling besar yakni mencapai 88,82%. 

Kemudian, Lintas Pelayanan II Cawang-Dukuh Atas sudah berada pada angka 69,73%. Sedangkan Lintas Pelayanan III Cawang-Bekasi Timur mencapai 67,64%. 

Baca Juga : Naik Kereta Api Aman Selama Pandemi dengan Protokol Kesehatan

Kereta LRT Palembang sama dengan LRT Jabodebek/Dok: INKA

Dengan demikian, ketiga lintas pelayanan tersebut hampir tersambung. Saat ini, Adhi Karya selaku kontrator proyek LRT Jabodebek masih fokus pada penyelesaian konstruksi Tahap I dan belum merencanakan konstruksi tahap selanjutnya. 

"Saat ini kami (Adhi Karya) fokus pada penyelesaian tahap I," tegas Direktur Operasi II PT Adhi Karya (Persero) Tbk Pundjung Setya Brata.

LRT Jabodebek akan dilengkapi 16 stasiun yang meliputi Lintas Pelayanan I Cibubur-Cawang terdiri dari Stasiun Harja Muktim Stasiun Ciracas, Stasiun Kampung Rambutan, Stasiun Taman Mini, dan Stasiun Cawang. 

Baca Juga : Selain Naik KRL, Commuterpay Bank Mandiri Bisa Dipakai untuk Apa Saja?

Lintas Pelayanan II Bekasi Timur-Cawang yakni Stasiun Jati Bening Baru, Stasiun Cikunir 1, Stasiun Cikunir 2, Stasiun Bekasi Barat, Stasiun Jati Mulya. 

Terakhir, Lintas Pelayanan III Cawang-Dukuh Atas meliputi, Stasiun Ciliwung, Stasiun Cikoko, Stasiun Pancoran, Stasiun Kuningan, Stasiun Rasuna Said, Stasiun Setiabudi, dan Stasiun Dukuh Atas.

Wiji Nurhayat

Wiji Nurhayat - Blogger yang menyukai perkembangan perkeretaapian di Indonesia, maniak trading & investasi, serta badminton lover.

Posting Komentar

Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan sharing buttons di atas. Thank you.

Lebih baru Lebih lama