Pengumuman! KA Siliwangi Sampai ke Stasiun Cipatat


PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memperpanjang relasi KA Siliwangi sampai ke Stasiun Cipatat. Sebelumnya relasi KA Siliwangi adalah Sukabumi – Ciranjang pp. Ini berlaku mulai keberangkatan 21 September 2020. 

KAI juga memberikan tarif Rp 0 khusus untuk rute Ciranjang – Cipatat pp pada periode keberangkatan 21 sampai dengan 30 September 2020.  

Perpanjangan relasi KA Siliwangi sampai ke Stasiun Cipatat sejauh 15 km ini dapat terealisasi usai rampungnya reaktivasi jalur KA Cianjur – Ciranjang – Cipatat sepanjang 30 km oleh Kementerian Perhubungan. Peresmian reaktivasi tersebut dilakukan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, di Stasiun Cipeuyeum, Senin (21/9).

Baca Artikel : Naik Kereta Api Aman Selama Pandemi dengan Protokol Kesehatan

KA Siliwangi menuju Stasiun Cipatat/Dok: Kemenhub

“Perpanjangan operasi KA Siliwangi ini diharapkan dapat meningkatkan mobilitas masyarakat dan menggerakkan roda perekonomian daerah,” ungkap Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo lewat keterangan resminya.

Dengan kereta api, masyarakat dapat menikmati layanan transportasi yang tidak hanya murah, tapi aman, nyaman, bebas dari kemacetan, selamat, dan sehat sampai di tujuan.

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan melakukan reaktivasi Jalur Cianjur – Ciranjang – Cipatat untuk mengurangi kepadatan lalu lintas jalan raya serta meminimalisasi biaya angkutan dan distribusi logistik nasional.  

Bertahap sejak 2018, dilakukan  peningkatan jalur dan normalisasi badan jalan kereta api. Kini jalur tersebut seluruhnya telah memenuhi aspek keselamatan dalam pengoperasian Kereta Api. 

Tempat duduk ekonomi KA Siliwangi/Dok: Kemenhub

“KAI berterima kasih kepada Kementerian Perhubungan yang telah merealisasikan reaktivasi jalur Cianjur – Ciranjang – Cipatat. Dengan adanya reaktivasi ini maka KAI dapat semakin banyak melayani masyarakat,” imbuhnya.

KAI Gratiskan Tarif KA Siliwangi Khusus Rute Ciranjang – Cipatat pp

Sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat, KAI menggratiskan tiket KA Siliwangi khusus untuk rute Ciranjang – Cipatat pp. Penggratisan ini juga dalam rangka menyambut perayaan Hari Ulang Tahun ke-75 KAI yang jatuh pada 28 September 2020.

Meski gratis, masyarakat tetap harus membeli tiket seharga Rp 0 di loket stasiun yang dilayani KA Siliwangi yaitu Stasiun Sukabumi, Gandasoli, Cireungas, Lampegan, Cibeber, Cianjur, Ciranjang, Cipeuyeum, dan Cipatat yang dilayani mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan. 

Baca Artikel : Pengendara Perlu Tahu Aturan Keselamatan di Perlintasan Sebidang Kereta Api

Rute KA Siliwangi menuju Stasiun Cipatat/Dok: Kemenhub


Sedangkan untuk tiket KA Siliwangi rute Sukabumi – Cipatat pp tetap dikenakan tarif Rp 3.000 dan dapat dipesan di aplikasi KAI Access mulai H-7 sebelum keberangkatan.

“Adanya tarif promo dan perpanjangan rute ini, KAI berharap dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan moda transportasi kereta api,” jelas Didiek.

Terdapat 6 perjalanan KA Siliwangi per hari dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Ciranjang menuju Stasiun Cipatat pada 07.37, 13.37, dan 19.37. Sedangkan keberangkatan dari Stasiun Cipatat menuju Stasiun Ciranjang tersedia pada 08.45, 14.45, dan 20.45.

Setiap perjalanan KA Siliwangi sampai ke Stasiun Cipatat membawa 6 kereta ekonomi dengan kapasitas 106 tempat duduk per kereta. Untuk menciptakan physical distancing pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru, KAI membatasi tiket yang dijual hanya 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

Baca Artikel : Selain Naik KRL, Commuterpay Bank Mandiri Bisa Dipakai untuk Apa Saja?

Rute KA Siliwangi menuju Stasiun Cipatat/Dok: Kemenhub

Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, KAI menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada perjalanan Kereta Api. Pelanggan diharuskan dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, wajib menggunakan masker, dan diimbau menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket.

Untuk informasi lebih lanjut tentang perjalanan KA Siliwangi, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, email cs@kai.id, dan media sosial KAI 121.

Wiji Nurhayat

Wiji Nurhayat - Blogger yang menyukai perkembangan perkeretaapian di Indonesia, maniak trading & investasi, serta badminton lover.

Posting Komentar

Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan sharing buttons di atas. Thank you.

Lebih baru Lebih lama