Foto: Trem Uap, Si Pewaris Trem Kuda yang Banyak Dicibir Media Batavia



Trem kuda yang lahir di tahun 1869, perannya digantikan ke trem uap sebagai penerus trem Batavia. Cikal bakal hadirnya trem uap dimulai pada 1 Juli 1879. 

Saat itu, sebuah trem uap beroperasi untuk pertama kalinya di Belanda dengan melayani rute antara Den Haag dan Scheveningen. Setelah sukses di Belanda, trem uap rencananya akan segera dibangun di Hindia Belanda.

Baca Artikel: Mengenang Trem Batavia yang Pernah Berjaya (Bagian 2)

Konsesi pertama untuk trem uap di Batavia akhirnya diberikan kepada perusahaan Dümmler & Co pada 30 Maret 1881. Dümmler & Co tidak lain adalah perusahaan yang menggarap trem kuda di Batavia.

Khusus untuk konsesi pembangunan trem uap di Batavia, Dümmler & Co diberikan hak untuk membangun trem uap dengan jalur ganda dari Batavia (Kleinen Boom) ke Mesteer Cornelis (sekarang Jatinegara). Hanya saja nantinya, trem uap tidak boleh dijalankan dengan kecepatan lebih dari 15 km per jam.

Baca Artikel: Mengenang Trem Batavia yang Pernah Berjaya (Bagian 1)

Trem uap kerap menjadi bahan cibiran media di Batavia saat itu. Ada yang beranggapan trem uap menjadi penyebab kemacetan lalu lintas, banyaknya terjadi kecelakaan, hingga lambannya pengerjaan. Berikut foto-fotonya trem uap di Batavia seperti dikutip indearchipel.com, Minggu (22/3).















Wiji Nurhayat

Wiji Nurhayat - Blogger yang menyukai perkembangan perkeretaapian di Indonesia, maniak trading & investasi, serta badminton lover.

Posting Komentar

Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan sharing buttons di atas. Thank you.

Lebih baru Lebih lama