Foto: Trem Kuda Menapak di Jalanan Batavia



Trem kuda di Batavia sudah mulai dikenal sejak tahun 1869 atau sekitar 151 tahun yang lalu. Trem kuda merupakan cikal bakal adanya trem uap dan trem generasi terakhir yaitu bertenaga listrik.

Mengutip sebuah situs Belanda, indearchipel.com, ide pembangunan trem kuda di Batavia sudah ada sejak 1860. Hanya saja, trem kuda mulai digunakan pada tanggal 20 April 1869. Perjalanan pertama trem kuda sangat meriah.

Rute pertama trem kuda di Batavia yang dibuka adalah dari Batavia atau di sepanjang kanal Molenvliet ke Harmonie. Titik ujung utara di Batavia adalah di Amsterdamse Poort yaitu di sudut Prinsenstraat (sekarang Jalan Cengkeh) dan Amsterdamsche Gracht (sekarang Jalan Nelayan Timur). Terminal selatan berada di Harmonieplein di distrik Weltevreden (sekarang Gambir). Rute ini memiliki panjang sekitar 4,5 kilometer (km).

Jadwal keberangkatan diterbitkan di Java-Bode. Selama hari kerja ada trem kelas 1 yang bisa melayani perjalanan hingga 18 kali per hari dan trem kelas 2 yang bisa melayani perjalanan hingga 30 kali per hari. Berikut foto-fotonya seperti dikutip indearchipel.com, Minggu (22/3):




Wiji Nurhayat

Wiji Nurhayat - Blogger yang menyukai perkembangan perkeretaapian di Indonesia, maniak trading & investasi, serta badminton lover.

Posting Komentar

Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan sharing buttons di atas. Thank you.

Lebih baru Lebih lama