Foto: Trem Listrik, Moda Transportasi Modern di Batavia Pada Zamannya



Cikal bakal dibangunnya trem listrik di Batavia sudah ada pada tahun 1897. Saat itu, Harian Java-Bode pada 12 April 1897 menyebut bahwa sebuah perusahaan publik bernama Batavia Elektrische Tram Maatschappij (BETM) siap membangun trem listrik di Batavia.

Pembukaan jalur trem listrik pertama di Batavia akhirnya benar-benar terealisasi pada 9 April 1899. Trem listrik pertama membentangkan kabel atas untuk jalur trem Haarlem - Zandvoort (Juli 1899) dan Amsterdam (1900). Diberitakan Bataviaasch Nieuwsblad, pengoperasian perdana trem listrik untuk jalur Kebun Binatang - Harmonie dilakukan sangat meriah dengan pesta besar (Bataviaasch Nieuwsblad, 10 April 1899, halaman depan).

Setelah pembukaan rute pertama trem listrik Batavia pada tahun 1899, BETM terus memperluas jaringan. Pada tanggal 29 April 1900, jalur dari Kebun Binatang (Menteng) diperpanjang ke arah timur laut ke Sipajersweg (sekarang Jl. Dr Wahidin Raya) di utara Pasar Senen. 

Pada 1 Juli 1900 diperpanjang lagi menuju ke Voorrij Zuid (Jl. Jembatan Batu) di Stasiun Batavia. Jalur trem uap dan jalur trem listrik sekarang berkumpul di tiga tempat yaitu Harmonie, Kramat, dan Stasiun Batavia.

Berikut foto-foto trem listrik Batavia seperti dikutip indearchipel.com, Minggu (22/3).










Wiji Nurhayat

Wiji Nurhayat - Blogger yang menyukai perkembangan perkeretaapian di Indonesia, maniak trading & investasi, serta badminton lover.

Posting Komentar

Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan sharing buttons di atas. Thank you.

Lebih baru Lebih lama