Ada KA Blambangan Ekspres, Perjalanan dari Semarang ke Banyuwangi Jadi Mudah

 


PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan KA baru yaitu KA Blambangan Ekspres yang melayani rute Semarang Tawang – Ketapang pp. KAI pun memberikan tarif promo mulai dari Rp 150.000 untuk perjalanan KA Blambangan Ekspres.

Tiket KA Blambangan Ekspres sudah dapat dipesan sejak 22 November 2022 di seluruh channel resmi penjualan tiket KAI.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan hadirnya KA Blambangan Ekspres untuk mempermudah masyarakat dari arah Semarang menuju Jember hingga Ketapang.

“KA Blambangan Ekspres merupakan KA pertama yang KAI operasikan dari wilayah Semarang, Cepu menuju ke wilayah Jember, Banyuwangi, hingga Ketapang ataupun sebaliknya. Hadirnya KA ini akan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin bepergian ke wilayah tersebut dengan transportasi yang aman, sehat, nyaman dan tepat waktu,” ungkap Joni dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/11/2022).






Nama KA Blambangan Ekspres berasal dari salah satu nama kerajaan yakni Kerajaan Blambangan. Kerajaan Blambangan adalah kerajaan hindu yang berlokasi di Banyuwangi tepatnya di Semenanjung Blambangan di ujung timur Pulau Jawa. Kerajaan Blambangan berdiri di akhir masa Kerajaan Majapahit yakni pada abad ke-13 Masehi hingga abad ke-18 Masehi.

KA Blambangan Ekspres terdiri dari 4 Kereta Eksekutif dan 3 Kereta Ekonomi dengan total tempat duduk yang disediakan sebanyak 440 tempat duduk dalam sekali perjalanan. Pada tahap awal, KA Blambangan Ekspres akan beroperasi pada tanggal 2, 3, 4, 9, 10, 11, 16, 17, 18, dan 22 s.d 31 Desember 2022.




KA Blambangan Ekspres keberangkatan Semarang akan berhenti di stasiun Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Lamongan, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Probolinggo, Tanggul, Jember, Kalisetail, Rogojampi, Banyuwangi Kota, dan Ketapang. Sedangkan KA Blambangan Ekspres keberangkatan Ketapang akan berhenti di stasiun Ketapang, Banyuwangi Kota, Rogojampi, Kalisetail, Kalisat, Jember, Tanggul, Probolinggo, Pasuruan, Bangil, Sidoarjo, Gubeng, Pasarturi, Lamongan, Bojonegoro, Cepu, Ngrombo, dan Semarang Tawang.

Setiap harinya, ada masing-masing 1 perjalanan pulang pergi KA Blambangan Ekspres. Dari Stasiun Ketapang, KA Blambangan Ekspres akan berangkat pada pukul 19.30 WIB dan tiba di stasiun tujuan akhir yaitu Semarang Tawang pada pukul 05.44 WIB. 

Sedangkan dari arah Semarang Tawang, KA Blambangan Ekspres berangkat pada pukul 18.05 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang pada pukul 04.40 WIB. 

KAI masih memberikan diskon khusus kepada masyarakat untuk periode keberangkatan 2 sampai tanggal 18 Desember 2022. Harga tiket KA Blambangan Ekspres kelas Eksekutif hanya Rp 250.000 dan kelas Ekonomi hanya Rp 150.000. 

“Hadirnya KA Blambangan Ekspres tidak hanya untuk memberikan alternatif transportasi kepada masyarakat, tapi juga untuk membantu meningkatkan pariwisata yang ada di wilayah-wilayah yang disinggahi,” tutup Joni.
Wiji Nurhayat

Wiji Nurhayat - Blogger yang menyukai perkembangan perkeretaapian di Indonesia, maniak trading & investasi, serta badminton lover.

Posting Komentar

Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan sharing buttons di atas. Thank you.

Lebih baru Lebih lama