KAI Punya Kereta Inspeksi Rail One, Begini Penampakannya

 


PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memiliki Kereta Inspeksi yang digunakan khusus untuk keperluan tertentu. Misalnya yang dilakukan beberapa waktu lalu dimana manajemen KAI melakukan monitoring jalur kereta api sebagai persiapan libur Natal dan Tahun Baru.

Kereta Inspeksi adalah dengan kereta dengan mesin berpenggarak sendiri yang berfungsi untuk melakukan inspeksi di sepanjang lintas jalur kereta api. Sarana ini untuk mendukung pelaksanaan inspeksi jalan rel dan kondisi prasarana perkeretaapian lainnya. Kereta dengan kapasitas orang terbatas serta dilengkapi oleh interior untuk kenyamanan penumpang.

Baca Artikel : Ke Garut Ternyata Bisa Naik Kereta Cepat Whoosh, Begini Caranya

Kereta Inspeksi merupakan kereta kedinasan. Kereta ini dibuat untuk dipakai para pejabat minimal setingkat Menteri untuk inspeksi. Selain KAI, Kementerian Perhubungan juga memiliki kereta jenis ini.

Kereta Inspeksi Rail One generasi kedua milik KAI/Dok: KAI

Salah satu Kereta Inspeksi yang dimiliki KAI adalah Rail One. Rail One adalah satu unit KRD milik KAI yang digunakan khusus untuk Presiden ataupun para pejabat-pejabat pemerintahan yang hendak melakukan inspeksi atau pergi ke wilayah tertentu untuk suatu tujuan pemerintahan. Rangkaian kereta ini hanya terdiri dari dua kereta yang dijadikan satu rangkaian. 

Kereta inspeksi Rail One yang dimiliki KAI saat ini merupakan generasi kedua hasil modifikasi dari KRD (kereta rel diesel) dengan nomor seri K1 3 80 01 dan K1 3 82 02, oleh pihak Balai Yasa Yogyakarta pada 2018 yang memakan waktu pengerjaan selama 2 bulan.

Kereta Inspeksi Rail One generasi kedua milik KAI/Dok: KAI

1 set Kereta Inspeksi yang terdiri dari 2 kereta diesel ini, sebelumnya pernah beroperasi KA Sriwedari (relasi Solo - Yogyakarta/pp) dan pernah bertugas sebagai KA Kedung Sepur (Semarang poncol - Grombo /pp). KA Inspeksi ini mempunyai bobot total 60 ton, berbahan bakar HSD (High Speed Diesel) dengan kapasitas volume 700 liter, dan mempunyai puncak kecepatan 90 km/jam.

Baca Artikel : Kereta Cepat Whoosh Mau Tembus ke Kota Bandung, Ini Rencananya

Adapun fasiltas-fasilitas yang ada di Kereta Api Inspeksi Generasi ke-2 ini adalah sebagai berikut:

Fasilitas kereta 1 di antaranya :

- Kabin masinis

- Tempat duduk khusus inspeksi langsung jalur rel

- Tempat meeting room dengan layar pantauan inspeksi jalur rel

- Musala

- Ruang panel listrik

- Ruang Genset

- ruang toilet

Kereta Inspeksi Rail One generasi kedua milik KAI/Dok: KAI

Kereta ke 2 di antaranya:

- Ruang toilet

- Ruang panel listrik

- Ruang pantry

- Ruang makan dengan kapasitas 10 tempat duduk

- Ruang rapat dengan fasilitas layar pantauan inspeksi jalur rel

- Ruang pantauan inspeksi langsung jalur rel

- Ruang kabin masinis

Wiji Nurhayat

Wiji Nurhayat - Blogger yang menyukai perkembangan perkeretaapian di Indonesia, maniak trading & investasi, serta badminton lover.

Posting Komentar

Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan sharing buttons di atas. Thank you.

Lebih baru Lebih lama