KAI Mau Luncurkan Kereta Tidur Suite Class, Tampilannya Wow



PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mau memberikan kejutan. Setelah merilis Kereta Ekonomi New Generation, KAI akan merilis kereta tidur (sleeper car) yang memberikan rasa nyaman dan privasi kepada penumpangnya. KAI memberikan nama Kereta Suite Class Compartment

Dalam akun Instagram KAI, ini adalah produk baru mereka yang memadukan nuansa kemewahan dengan kecanggihan teknologi dan privasi dalam sebuah kompartemen.

Baca Artikel : Tampilan Wah Kereta Ekonomi New Generation di KA Jayabaya

Vice President KAI Joni Martinus masih merahasiakan spesifikasi kereta tersebut dan kapan akan dirilis.

"Mohon maaf, nanti akan kami rilis resmi saat dilaunching. Tunggu tanggal mainnya biar surprise," ungkap Joni kepada penulis, Jumat (29/9/2023).

Penampakan Kereta Suite Class Compartment yang akan dirilis KAI/Dok: KAI

Dari video yang diunggah KAI tersebut, Kereta Suite Class Compartment mirip dengan fasilitas yang ada pada Kereta Api Sleeper Luxury dan Sleeper Class di bus-bus double decker. Penumpang kereta nantinya akan masuk ke dalam satu gerbong khusus yang diberi nama Kereta Suite Class Compartment.

Suite Class Kompartemen merupakan sebuah inovasi tanpa henti dari KAI yang memadukan kemewahan dan kenyamanan dengan fasilitas futuristik yang akan memanjakan pelanggan. Kereta ini terdiri dari 16 kompartemen yang akan memberikan privasi lebih kepada pelanggan sepanjang perjalanan.

Setiap kompartemen pada suite class ini dilengkapi dengan kursi canggih yang dioperasikan secara digital. Kursi dan fasilitas kompartemen ini bisa Anda kustomisasi sesuai kebutuhan, dengan mengatur pencahayaan, level pendingin udara dan posisi duduk.  Fasilitas kompartemen tersebut juga dilengkapi call button yang dapat digunakan penumpang jika ingin memerlukan bantuan kepada pramugara dan pramugari yang bertugas.

Selama perjalanan Pramugara dan Pramugari akan melayani pelanggan dan memberikan beberapa fasilitas seperti bantal, selimut, headset dan hot towel. Tidak lupa sajian dalam perjalanan yang terdiri dari appetizer, main course, dessert dan aneka pilihan minuman yang memberikan kesegaran. 

Sebelumnya, KAI melakukan inovasi terbaru dengan menghadirkan Kereta Ekonomi New Generation, dimana jumlah tempat duduk menjadi 72 kursi, sehingga leg room-nya menjadi lebih luas. Selain itu, jenis kursinya juga sudah menggunakan tipe captain seat yang membuat pelanggan semakin nyaman saat bersandar dan bisa diatur kemiringannya (reclining) serta bisa disesuaikan searah laju KA atau pun berhadapan (revolving).

Penampakan Kereta Suite Class Compartment yang akan dirilis KAI/Dok: KAI


Selain pada kursi, upgrade juga dilakukan pada interior kereta dengan ditambahkan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu. Interior kereta juga dimodif mirip dengan kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah. Tak hanya itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan nuansa yang lebih mewah dan menggunakan toilet duduk. Tersedia juga tempat ibadah di kereta restorasi.

Baca Artikel : Kereta Cepat Jakarta-Bandung Resmi Diberi Nama Whoosh

Kereta Ekonomi New Generation merupakan hasil modifikasi yang KAI lakukan di Balai Yasa Manggarai (tempat perawatan sarana perkeretaapian milik KAI di Manggarai, Jakarta Selatan). Saat ini ada 12 kereta ekonomi yang telah berhasil dimodifikasi di Balai Yasa Manggarai sejak April 2023. 

Dengan dioperasikannya Kereta Ekonomi New Generation, maka stamformasi KA Jayabaya menjadi 4 kereta eksekutif (K1), 5 kereta ekonomi new generation (K3 NG) dan 1 kereta makan pembangkit (MP3).

Wiji Nurhayat

Wiji Nurhayat - Blogger yang menyukai perkembangan perkeretaapian di Indonesia, maniak trading & investasi, serta badminton lover.

Posting Komentar

Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan sharing buttons di atas. Thank you.

Lebih baru Lebih lama