Jakarta-Kota Bandung, Pilih Naik Kereta Cepat atau Argo Parahyangan?


Moda transportasi dari Jakarta ke Kota Bandung semakin beragam. Sebentar lagi masyarakat bisa menggunakan kereta cepat pada awal Oktober 2023 mendatang. Untuk transportasi kereta api, masyarakat bakal disediakan dua pilihan yaitu Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau kereta konvensional Argo Parahyangan. Kamu pilih mana? 

Baca Artikel : Pengumuman! War Tiket Naik KA Cepat JKT-BDG Gratis Dibuka, Ini Linknya

Baik Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan Argo Parahyangan memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Dari segi harga misalnya, kereta peluru berkecepatan 350 km per jam ini bisa lebih mahal. 

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengusulkan harga tiket kereta api Cepat Jakarta - Bandung dijual dengan sistem bundling bersama akses LRT Jabodebek dan Kereta Feeder. Harga untuk kelas termurah atau Economy Class Rp 300 ribu.

Kereta Feeder Kereta Cepat Jakarta-Bandung/Dok: KAI

Namun dari segi waktu, Kereta Cepat Jakarta-Bandung diklaim bisa membawa penumpang dari Jakarta menuju Kota Bandung dalam kurung waktu kurang dari satu jam, dengan fasilitas terkini. Rinciannya, penumpang dari Stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang 30 menit. Sedangkan dari Stasiun Padalarang lanjut ke Stasiun Hall di Kota Bandung selama 18 menit. Total waktu yang dibutuhkan Jakarta-Kota Bandung 48 menit.

"Kan kita kasih premium - ekonomi Rp 250 ribu ya, nanti bundling dengan LRT dan Feeder apakah di Rp 300 nanti," ucap Hal ini diungkapkan PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi. di Stasiun KCJB Halim, Rabu (13/9/2023).

Baca Artikel :  Terungkap! Tanggal Diresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung & Harga Tiket

Sedangkan apabila menggunakan kereta Argo Parahyangan dari Stasiun Gambir hingga stasiun Hall, Bandung membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam 45 menit. Harga tiket untuk kelas terendah  lebih murah dari Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang lebih murah.

Mengutip laman penjualan tiket PT KAI (Persero), tiket termurah Argo Parahyangan mencapai Rp 150 ribu, Rp 250 ribu, hingga Rp 510 ribu. Dengan kelas mulai dari ekonomi hingga eksekutif. Sedangkan untuk kelas Priority harganya mahal, mencapai Rp 1 jutaan. Jadi kamu lebih pilih yang mana?

Wiji Nurhayat

Wiji Nurhayat - Blogger yang menyukai perkembangan perkeretaapian di Indonesia, maniak trading & investasi, serta badminton lover.

Posting Komentar

Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan sharing buttons di atas. Thank you.

Lebih baru Lebih lama