Mengintip Fasilitas Ruang Tunggu Penumpang KA Bandara YIA


Dalam rangka pengoperasian Kereta Api atau KA Bandara YIA atau Yogyakarta International Airport, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai mempersiapkan fasilitas pendukung. Salah satunya ruang tunggu penumpang KA Bandara YIA.

“Setelah sebelumnya pada Mei 2019 KA Bandara YIA beroperasi melalui Stasiun Wojo, nantinya layanan KA Bandara YIA dapat langsung masuk ke dalam Bandara YIA melalui Stasiun Bandara YIA untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan bepergian dari dan menuju Bandara YIA,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus saat dikonfirmasi, Kamis (12/8/2021).

Dalam tahap persiapan ini, KAI sebagai operator memberikan dukungan dengan mempersiapkan ruang tunggu penumpang KA Bandara YIA. Fasilitas ini ada di Stasiun Bandara YIA maupun di Stasiun Yogyakarta.

Baca Artikel: Rel Mulai Diujicoba, KA Bandara YIA akan Beroperasi 17 Agustus 2021

Ruang tunggu penumpang KA Bandara YIA/Dok: KAI


Di Stasiun Bandara YIA, telah dibangun ruang tunggu penumpang KA Bandara YIA dan pelayanan penumpang yang representatif. Tersedia fasilitas pelayanan loket, Informasi Pelanggan (Customer Service), ruang tunggu yang nyaman, fasilitas ruang kesehatan serta laktasi, dan pos keamanan. 

Untuk menuju ke area peron stasiun, nantinya hanya pelanggan KA Bandara yang sudah memiliki tiket yang dapat masuk melalui e-gate yang tersedia ketika KA yang akan dinaiki sudah tersedia.

"Ruang pelayanan penumpang KA di Stasiun Bandara YIA ini memiliki pernik-pernik khas Yogyakarta dan tersedia pelayanan yang representatif, tujuannya untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan KA Bandara. Sedangkan untuk di Stasiun Yogyakarta, KAI juga sudah menyiapkan ruang tunggu khusus pelanggan KA Bandara,” tuturnya.

Baca Artikel: Mau ke Bandung, Pilih Naik Kereta Cepat atau Argo Parahyangan?

Ruang tunggu penumpang KA Bandara YIA/Dok: KAI


Selain fasilitas ruang tunggu penumpang KA Bandara YIA, KAI juga telah mempersiapkan SDM perusahaan yang nantinya akan bertugas untuk melayani pera pelanggan kereta api dan menjalankan operasional KA Bandara yang saat ini masih dalam tahap proses persiapan oleh berbagai pihak.

Joni menjelaskan, terkait detail pengoperasian perjalanan KA Bandara rute Stasiun Yogyakarta - Stasiun Bandara YIA , KAI masih menunggu arahan resmi dari pemerintah.

“Kami klarifikasi bahwa info terkait detail pengoperasian KA Bandara rute Stasiun Yogyakarta-Stasiun Bandara YIA pp sampai dengan saat ini masih belum ditetapkan. Saat ini kami menunggu arahan dan keputusan resmi dari pemerintah. Secara intensif KAI terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait rencana pengoperasian KA tersebut,” tegas Joni.

Baca Artikel: Pemerintah akan Suntik Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rp8,4 Triliun

Ruang tunggu penumpang KA Bandara YIA/Dok: KAI


Nantinya, kehadiran KA Bandara YIA ini diharapkan mampu membantu pemulihan perekonomian masyarakat dan mendukung konektivitas ke berbagai destinasi wisata yang ada di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Hadirnya KA Bandara ini juga melengkapi layanan Kereta Api terintegrasi dengan layanan pesawat di bandara.

“KAI siap mendukung penuh berbagai program pemerintah dalam hal meningkatkan konektivitas masyarakat dalam hal bertransportasi. Hadirnya integrasi antarmoda antara Kereta Api dan Pesawat Terbang ini akan memberikan kemudahan kepada pelanggan melalui moda transportasi yang nyaman dan tepat waktu,” tutup Joni. 

Baca Artikel: Deretan Produk Kereta INKA yang Laku di Pasaran Internasional

Ditargetkan Mulai Beroperasi 17 Agustus 2021

Sementara itu, Kementerian Perhubungan optimistis jalur KA Bandara YIA di Kulon Progo bisa dioperasionalkan pada saat HUT ke-76 Kemerdekaaan RI yaitu 17 Agustus 2021. Progres pembangunan jalur kereta Bandara YIA dari Stasiun Kedundang sampai Stasiun Bandara YIA sudah 98 persen.

PPK Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Area 1 Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Bagian Tengah Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Dheky Martin mengatakan, jalur ini telah diujicobakan dua kali.

Ruang tunggu penumpang KA Bandara YIA/Dok: KAI


Baca Artikel: Asyik! Kereta Cepat Jakarta-Bandung Ditargetkan Beroperasi Akhir 2022

Adapun jalur KA Bandara YIA ini memiliki panjang lintasan 5 kilometer. Semua sarana pendukung sudah terpasang dan jalur ini telah diujicobakan dengan lokomotif diesel dan kereta rel diesel. Martin megatakan, saat ini tinggal penyempurnaan saja dan ditargetkan pada 14 Agustus semua pekerjaan sudah selesai. 

“Kami optimistis pada 17 Agustus ini sudah bisa dioperasionalkan,” tegasnya.

Sebagai catatan, jalur KA Bandara YIA adalah bagian dari proyek strategis nasional dan sudah mulai pengerjaannya sejak Desember 2019 dengan anggaran Rp1,1 triliun. Jalur pendukung aksesibilitas menuju ke Bandara YIA ini rencananya juga akan dibangun jalur Tol yang langsung mengarah ke bandara.


Wiji Nurhayat

Wiji Nurhayat - Blogger yang menyukai perkembangan perkeretaapian di Indonesia, maniak trading & investasi, serta badminton lover.

Posting Komentar

Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan sharing buttons di atas. Thank you.

Lebih baru Lebih lama