Mau ke Bandung, Pilih Naik Kereta Cepat atau Argo Parahyangan?


Pemerintah terus mempercepat proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Ditargetkan proyek ini bisa beroperasi pada akhir 2022 mendatang.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) memang menyerap anggaran yang sangat besar. Proyek ini semula membutuhkan biaya Rp20 triliun. 

Namun saat ini diketahui bengkak menjadi USD6,071 miliar atau sekitar Rp85,2 triliun (Kurs Rp14.200). Pembengkakan terjadi lantaran munculnya berbagai kebutuhan yang tidak diprediksi pada awal proyek.

Baca Artikel: Pemerintah akan Suntik Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rp8,4 Triliun

Berdasarkan perjanjian, membengkaknya biaya ini sepenuhnya ditanggung konsorsium. Melalui PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia, konsorsium BUMN mengantongi 60 persen saham PT Kereta Cepat Indonesia-China. Adapun 40 persen sisanya dimiliki China Railway International Co Ltd.

Sementara itu, pada tahun ini proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung mendapatkan guyuran dana APBN melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp4,3 triliun. Tahun 2022, proyek ini kembali mendapatkan kucuran dana PMN sebesar Rp4,1 triliun. 

Lantas apabila proyek ini rampung, apakah Anda tetap memilih menaiki Kereta Cepat atau Kereta Api Argo Parahyangan? Bingung? Simak ulasannya di sini.

Baca Artikel: Intip Teknologi dan Kecanggihan CR400AF, Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Tampilan tempat duduk penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung/Dok: KCIC


Harga Tiket dan Waktu Tempuh Kereta Cepat Jakarta-Bandung

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengumumkan tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dibanderol mulai USD16 atau Rp228.800 (kurs: Rp 14.300). Hal itu berdasarkan studi kelayakan perusahaan.

Namun kereta itu nantinya akan terbagi beberapa kelas tarif, yakni kelas 2, kelas 1, dan kelas bisnis. Hanya saja KCIC masih enggan membeberkan bocoran tarif tiap kelas. 

Adapun rute Kereta Cepat yaitu Halim-Karawang-Walini-Tegalluar. Sementara itu, dari sisi waktu, Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa menempuh waktu 30 menit hingga 40 menit. 

Baca Artikel: Asyik! Kereta Cepat Jakarta-Bandung Ditargetkan Beroperasi Akhir 2022

Tampilan tempat duduk penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung/Dok: KCIC


Harga Tiket dan Waktu Tempuh Kereta Api Argo Parahyangan

Baca Artikel: Megah dan Modern, Ini Desain Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Adanya Kereta Cepat Jakarta-Bandung menjadi pesaing utama bagi kereta yang dioperasikan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dengan rute yang sama, yakni Argo Parahyangan.

Untuk saat ini, Argo Parahyangan memiliki 2 kelas tarif. Dikutip dari situs kai.id, Argo Parahyangan kelas ekonomi memiliki tarif Rp 90.000 dan kelas eksekutif bertarif hingga Rp 125.000. 

Rute yang dilewati Argo Parahyangan adalah Gambir, Purwakarta, Cimahi, dan Bandung. Sedangkan waktu tempuh Argo Parahyangan dari Jakarta ke Bandung mencapai 3 jam 14 menit.

Jadi sudah kebayang kan perbedaan harga tiket dan waktu tempuh antara Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan Kereta Api Argo Parahyangan. Jadi pilih yang mana?

Wiji Nurhayat

Wiji Nurhayat - Blogger yang menyukai perkembangan perkeretaapian di Indonesia, maniak trading & investasi, serta badminton lover.

Posting Komentar

Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan sharing buttons di atas. Thank you.

Lebih baru Lebih lama