Resmi Beroperasi, Kereta Bandara Solo Gratis Selama 2 Bulan


PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan Kereta Bandara Solo dengan rute Bandara Adi Soemarmo menuju Stasiun Balapan, Solo. Untuk pengoperasian perdana, KAI menggratiskan tiket Kereta Bandara Solo selama 2 bulan.

"Kondisi kereta api bandara sudah 100 persen siap beroperasi. Dengan dua bulan kedepan tidak dikenakan tarif sehingga masyarakat bisa menikmati," ungkap Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/12).

Penggratisan tarif Kereta Bandara Solo tersebut menurut rencana diberlakukan hingga Februari 2020. Adapun soft opening pengoperasian Kereta Bandara Solo dilakukan pada Minggu (29/12).

Adanya Kereta Bandara Solo tentu saja akan mempermudah akses bagi warga yang berpergian dari Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Ngawi dan lainnya.

"Bagi warga atau turis yang landing ke Bandara Adi Sumarmo bisa menikmati ke kota lain lebih mudah. Karena kereta membawa ke Stasiun Balapan dan Terminal Tirtonadi Solo," jelasnya.

Baca juga: Tunjukan Kartu MRT Bisa Dapat Promo dan Diskon di Banyak Tempat

Tampilan bagian dalam Kereta Bandara Solo/Dok: INKA
Baca juga: MRT Jakarta Beroperasi hingga Pukul 02.30 WIB di Malam Tahun Baru

Dalam satu rangkaian Kereta Bandara Solo memiliki kapasitas total 396 penumpang. Rencananya Kereta Bandara Solo akan beroperasi 60 kali perjalanan pulang pergi dalam sehari.

Sementara itu untuk waktu tempuh dari Stasiun Balapan Solo menuju Bandara Adi Soemarmo kurang lebih 19 menit. Sehingga kehadiran Kereta Bandara Solo dapat mempermudah akses wisatawan menikmati obyek wisata.

Sebagai catatan, proyek Kereta Bandara Solo yang menghubungkan Stasiun Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo sepanjang 13,5 km merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional sesuai dengan Perpres nomor 56 tahun 2018 tentang perubahan Perpres Nomor 3 Tahun 2016.

Proyek ini dikerjakan oleh Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mulai Maret 2018 dengan total investasi Rp 820 miliar.

Pembangunan Jalur Kereta Api ini diharapkan akan menghubungkan 2 Bandara yaitu Bandara Adi Soemarmo di Surakarta dan Bandara Adi Sutjipto di Yogyakarta. Bahkan ke depan juga diproyeksikan untuk terhubung dengan Bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA).
Wiji Nurhayat

Wiji Nurhayat - Blogger yang menyukai perkembangan perkeretaapian di Indonesia, maniak trading & investasi, serta badminton lover.

Posting Komentar

Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan sharing buttons di atas. Thank you.

Lebih baru Lebih lama