Tampilan Cantik Gerbong Kereta Ekonomi Seri Terbaru Buatan INKA



PT Industri Kereta Api (INKA) (Persero) hampir merampungkan pengerjaan 6 set rangkaian kereta ekonomi seri terbaru atau 66 gerbong kereta yang dipesan PT Kereta Api Indonesia (Persero). Menurut rencana, proses serah terima akan dilakukan pada tanggal 15 Juni 2017 mendatang. 

Lalu seperti apa penampilannya?

INKA membangun sebuah konsep baru dari gerbong kereta yang diberi nama K3 2017 Ekonomi Premium pesanan KAI. Tentunya konsep ini sesuai dengan permintaan dari KAI itu sendiri.  

Tampilan sisi luar K3 2017 Ekonomi Premium/Dokumentasi INKA


Di bagian eksterior, livery atau corak yang digunakan jauh berbeda dengan K3 buatan tahun 2016. Anda tentu masih ingat, jika pada K3 2016 menggunakan livery standar selendang pecut berwarna abu-abu dengan stripping biru-putih-oranye. 

Namun pada K3 2017, livery yang digunakan adalah livery bunga teratai berwarna abu-abu dengan stripping merah maroon-emas plus ornamen bunga teratai yang mengelilingi logo PT KAI di bagian tengah.

Sedangkan di bagian interior juga terlihat cukup mewah. Secara umum desain interior gerbong K3 2017 hampir mirip degan K3 2016. Hanya saja di gerbong K3 2017 Ekonomi Premium dilengkapi dengan LCD serta warna ruangan yang lebih cerah dan elegan.

Tampilan sisi luar K3 2017 Ekonomi Premium/Dokumentasi INKA


Untuk jendela, gerbong K3 2017 Ekonomi Premium masih menggunakan tipe jendela tanpa sekat seperti gerbong K3 2016. Sedangkan perubahan signifikan terjadi pada bangku yang digunakan. Gerbong K3 2017 menggunakan jok dengan posisi sandaran yang bisa diatur atau reclining set. Ini tentunya berbeda dengan gerbong K3 2016 yang menggunakan posisi bangku tegap. 

Tidak hanya itu, gerbong K3 2017 juga dilengkapi CCTV mini yang berdekatan dengan sekat gerbong. Toilet juga dibuat lebih modern dibandingkan gerbong K3 2016.

"Ini adalah kereta Ekonomi Premium atau K3. Bagus seperti kelas eksekutif ya," sebut Senior Manager Secretary, Public Relation dan CSR PT INKA, Cholik Mochamad Zam-Zam kepada penulis Rabu (24/5). 

Tampilan sisi dalam K3 2017 Ekonomi Premium/Dokumentasi INKA


Rencananya, bila proses serah terima dilakukan pertengahan Juni 2017 mendatang, maka gerbong kereta K3 2017 Ekonomi Premium langsung digunakan sebagai kereta tambahan untuk melayani para pemudik di momen Lebaran tahun ini.

"Rencananya akan dioperasikan dalam masa angkutan Lebaran, kalau pengerjaan penyelesaiaannya tepat waktu," timpal Senior Manager Humas Daerah Operasi I KAI Suprapto. 

Ke-66 gerbong kereta nantinya akan dipakai mengangkut para penumpang ke berbagai tujuan yaitu Yogyakarta, Madiun dan Surabaya. Berikut ini rencana PT KAI:

Jok reclining set di gerbong kereta K3 2017 Ekonomi Premium/Dokumentasi INKA 


1. Pasar Senen-Lempuyangan PP (1 train set) pola operasi Vslag atau bisa pulang pergi,


2. Pasar Senen-Surabaya Gubeng PP (2 train set) pola operasi Islag atau satu kali perjalanan,


3. Pasar Senen-Semarang Poncol PP (1 train set) pola operasi Vslag bisa pulang pergi,


4. Pasar Senen-Madiun PP (2 train set) pola operasi Islag atau satu kali perjalanan.

Tampilan sisi dalam kereta K3 2017 Ekonomi Premium/Dokumentasi INKA


Jadi selamat menikmati mudik tahun ini dengan naik kereta api seri terbaru, K3 2017 Ekonomi Premium.

Wiji Nurhayat

Wiji Nurhayat - Blogger yang menyukai perkembangan perkeretaapian di Indonesia, maniak trading & investasi, serta badminton lover.

2 Komentar

Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan sharing buttons di atas. Thank you.

  1. Ibu Wiji Nurhayati, sebagai bahan bacaan yang bersifat meng-edukasi para pembacanya, mohon dibedakan istilah "gerbong" dan "kereta".
    Silakan browsing atau googling apa perbedaan kedua istilah tersebut

    BalasHapus
  2. Ibu Wiji Nurhati, sebagai bacaan yang memberikan edukasi buat pembacanya, mohon dibedakan istilah "gerbong" dan "kereta"
    Solakan anda browsing atau googling tentang perbedaan dan penggunaan kedua istilah tersebut

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama