Bisa Jalan Tanpa Masinis, Begini Tampang Kereta LRT Buatan RI

 



Light Rail Transit atau LRT Jabodebek akan segera beroperasi. Kereta LRT yang digunakan adalah produksi PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA di Madiun, Jawa Timur. 

LRT Jabodebek akan dilakukan uji coba terbatas yang bisa diikuti oleh masyarakat pada tanggal 12 Juli - 15 Agustus 2023. Kemudian berlanjut pada pengoperasian secara komersial pada 18 Agustus 2023.



Kereta LRT Jabodebek yang digunakan adalah buatan INKA, perusahaan pelat merah yang memiliki pabrik di Madiun. Memiliki beban Gandar 12 ton dengan material alumunium alloy. Kereta itu dianggap menjadi bukti kemampuan insiyur Indonesia dalam merancang kereta tanpa masinis pertama kali.

Baca Artikel : Penampakan Kereta Cepat Jakarta Bandung Ngebut 303 Km/Jam

Baca Artikel : Uji Coba KA Cepat JKT-BGD Ngebut 300 Km/Jam, Rekor di ASEAN!

Baca Artikel : KAI: LRT Jobodebek Beroperasi Komersial 18 Agustus 2023

Kereta tersebut memiliki kecepatan maksimal saat beroperasi mencapai 90 km per jam, yang dapat ditumpangi dengan kapasitas maksimal mencapai 1.480 orang. Walaupun normalnya hanya membawa 740 orang. Ada 174 bangku yang bisa diduduki penumpang, sisanya 56 orang bisa berdiri jika tidak kebagian tempat duduk.



Setiap trainset LRT Jabodebek berupa enam kereta dengan empat kereta berpenggerak motor car-M dan Motor Car yang dilengkapi Cabin - MC, serta dua kereta tidak berpengerak atau trailer car-TC. Tegangan suplai daya 750 VDC dengan daya motor traksi 100 kW per motor traksi.

Untuk mengadaan kereta LRT Jabodebek, PT Kereta Api Indonesia (Persero) merogoh Rp 3,9 triliun.



Serangkaian uji coba sudah dilakukan seperti uji komunikasi On Board Control Unit (OBCU) persinyalan dengan Train Control Management System (TCMS) hingga uji Grade of Automation (GoA) 3. Uji coba yang terakhir sangat menarik karena kereta LRT Jabodebek bergerak tanpa bantuan masinis.



"LRT Jabodebek ini bergerak tanpa masinis. Semua sistem kontrolnya ada di command center di Bekasi sana," ungkap Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo kepada penulis beberapa waktu lalu seperti dikutip Kamis (6/7/2023).

Wiji Nurhayat

Wiji Nurhayat - Blogger yang menyukai perkembangan perkeretaapian di Indonesia, maniak trading & investasi, serta badminton lover.

Posting Komentar

Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan sharing buttons di atas. Thank you.

Lebih baru Lebih lama