Uji Coba KA Cepat JKT-BGD Ngebut 300 Km/Jam, Rekor di ASEAN!

 


Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) masih melakukan uji coba atau trial run jelang diresmikan pada 18 Agustus 2023. Hari ini, Kereta Cepat Jakarta Bandung diuji coba saat hujan deras mengguyur sebagian Jakarta.

Hasilnya, Kereta Cepat mampu ngebut hingga 300 km/jam. Hal ini dikatakan langsung Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Kemaritiman dan Investasi Septian Hario Seto saat ikut uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung hari ini.

Baca Artikel : KAI: LRT Jobodebek Beroperasi Komersial 18 Agustus 2023

Baca Artikel : Berkunjung ke Sumbar Bisa Jajal KA Wisata Mak Itam dari Sawahlunto-Muaro Kalaban

Baca Artikel : Berkenalan dengan Lokomotif EMD GT38AC yang Disulap Jadi CC205 di Indonesia

"Hari ini saya mendapatkan kesempatan untuk mencoba kereta cepat dengan kecepatan 300km/jam dengan kondisi hujan deras," ungkap Seto Jumat (16/6/2023).

Dengan kecepatan tersebut, jarak Halim ke Padalarang menjadi sangat cepat. Menurut Seto, hanya butuh waktu 20 menit saja dari Stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang. Dia bilang Kereta Cepat Jakarta Bandung ngebut tapi tidak ada guncangan sama sekali alias stabil.

Kecepatan Kereta Cepat Jakarta Bandung tembus 300 km/jam/Dok: Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Kemaritiman dan Investasi Septian Hario Seto 

"Dari Stasiun Halim ke Stasiun Padalarang cuma 20 menit. Laju kereta sangat stabil dan hampir tidak ada goncangan," sebutnya.

Seto bilang Kereta Cepat Jakarta Bandung bisa dinaiki oleh masyarakat mulai 18 Agustus 2023. Berapa ongkos yang harus dibayar? Seto bilang pada tahap uji coba nanti masih gratis.  


Spesifikasi Kereta Cepat Jakarta Bandung EMU/Dok: KCIC


"Target kita 18 Agustus Kereta Cepat ini bisa dinikmati masyarakat dengan mendaftar tanpa dikenakan biaya," jelasnya.

Dengan kecepatan 300 km/jam, Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) adalah yang tercepat di Asia Tenggara (ASEAN). Sebelumnya rekor kereta tercepat didapuk Thailand dengan proyek Kereta Cepat Tingkat Tinggi Thailand-China yang melewati negara Laos dengan kecepatan maksimal 250 km/jam.

Wiji Nurhayat

Wiji Nurhayat - Blogger yang menyukai perkembangan perkeretaapian di Indonesia, maniak trading & investasi, serta badminton lover.

Posting Komentar

Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan sharing buttons di atas. Thank you.

Lebih baru Lebih lama