KA Dharmawangsa Rute Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi Resmi Meluncur



PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi meluncurkan kereta api baru bernama KA Dharmawangsa (KA 136) yang melayani rute Stasiun Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi (PP). Pengoperasian KA Dharmawangsa diresmikan oleh Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (2/12).

KA Dharmawangsa yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada pukul 08.25 WIB akan berhenti di beberapa stasiun, seperti Pegadenbaru – Cirebon Perujakan – Brebes – Tegal – Pekalongan – Waleri - Semarang Tawang – Ngrombo – Randublatung – Cepu – Bojonegoro – Babat - Lamongan, dan akan tiba di stasiun akhir Surabaya Pasar Turi  pada pukul 19.30 WIB. Total waktu tempuh KA Dharmawangsa dari Stasiun Pasar Senen ke Surabaya Pasar Turi adalah 11 jam 5 menit.

Adapun formasi KA Dharmawangsa yaitu memiliki 3 kereta eksekutif dengan kapasitas 150 tempat duduk dan 6 kereta ekonomi dengan kapasitas 636 tempat duduk. Sehingga total tempat duduk yang disediakan adalah 786 tempat duduk.

Baca juga: Wajib Dicoba! Ada 2 Kereta Baru Tujuan Surabaya yang Beroperasi di Desember



Baca juga: Jumlah Penumpang Membludak saat Libur Nataru, 30 Kereta Tambahan Disiapkan

"Filosofi dinamakan KA Dharmawangsa karena Dharmawangsa sendiri adalah nama seorang raja kerajaan Medang, yaitu mertua sekaligus paman dari Raja Airlangga dari Kerajaan Kahuripan. Kerajaan Medang yang berasal dari Jawa Timur ini merupakan kerajaan besar yang menurunkan raja-raja besar di pulau Jawa. Maka, diharapkan dengan diluncurkannya KA Dharmawangsa ini, PT KAI kedepannya semakin besar, jaya dan terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan," ungkap Edi Sukmoro.

Untuk harga tiket KA Dharmawangsa, KAI menerapkan tarif batas bawah dan tarif batas atas. Misalnya tujuan Stasiun Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi saat weekday untuk kelas Eksekutif seharga Rp 350.000-Rp 390.000, dan kelas Ekonomi Rp 150.000.

Sedangkan untuk weekend, harga tiket kereta kelas Eksekutif Rp 350.000-Rp 480.000 dan kelas Ekonomi Rp 150.000-160.000. Tiket KA Dharmawangsa sudah bisa dipesan sejak 1 November 2019 untuk keberangkatan 1 Desember dan seterusnya melalui aplikasi KAI Access, Website KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

“Dengan diluncurkannya KA Dharmawangsa ini, kami berharap dapat mengakomodir kebutuhan perjalanan KA para pelanggan yang ingin ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sekaligus dapat meningkatkan minat masyarakat menggunakan kereta api dalam setiap perjalanannya," jelas Edi Sukmoro.
Wiji Nurhayat

Wiji Nurhayat - Blogger yang menyukai perkembangan perkeretaapian di Indonesia, maniak trading & investasi, serta badminton lover.

Posting Komentar

Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan sharing buttons di atas. Thank you.

Lebih baru Lebih lama