LRT Jakarta Nyambung Sampai Manggarai di 2026, Ini Rutenya


Pembangunan Light Rapid Transit (LRT) Jakarta rute Kelapa Gading-Velodrome diperpanjang hingga ke Manggarai. Proyek LRT Jakarta 1B tersebut sudah mulai dikerjakan sejak Senin (30/10/2023) di Stasiun LRT Velodrome, Jakarta Timur.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menerangkan  pembangunan proyek milik PT LRT Jakarta ini ditargetkan rampung sepenuhnya pada 2026 mendatang. Namun tahun depan LRT Jakarta 1B kemungkinan sudah bisa rampung sebagian atau sampai Pramuka. 

Baca Artikel : Update: Sah! China Lanjutkan Proyek Kereta Cepat ke Surabaya 

"Rawamangun-Pramuka posisi September 2024 sampai Manggarai 2026," kata Heru.

LRT Jakarta diperpanjang sampai Manggarai/Dok: Kemenhub

Heru menjelaskan pembangunan LRT Jakarta 1B dibangun dengan dana APBD, senilai Rp 5,5 triliun. Rinciannya Rp 5,2 triliun untuk infrastruktur dan sistem sedangkan Rp 300 miliar untuk rolling stock. Proyek ini dibangun oleh BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Dalam konstruksi LRT Jakarta 1B rute Velodrome-Manggarai sepanjang 6,4 km akan membangun 5 stasiun yaitu Stasiun Pemuda Barat, Pramuka BPKP, Pasar Pramuka, Matraman dan Manggarai. 

Dengan adanya perpanjangan sampai Manggarai, LRT Jakarta akan memiliki panjang total 12,2 km dengan rute Kelapa Gading-Manggarai. Ditargetkan jumlah penumpang LRT Jakarta naik menjadi 180 ribu orang per hari.

LRT Jakarta diperpanjang sampai Manggarai/Dok: LRT Jakarta

"Dan sepanjang jalur 12,2 kilometer (Fase 1A + Fase 1B) dapat ditempuh selama 26 menit," kata Heru.

Diketahui pada pembangunan LRT Jakarta Fase 1A dari Velodrome-Pegangsaan Dua memiliki panjang lintasan mencapai 5,8 kilometer, yang melewati 6 Stasiun yaitu mulai dari Stasiun Pegangsaan 2, Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulomas, Stasiun Equestrian, Stasiun Velodrome.

Baca Artikel : Mau Naik Kereta Suite Class Compartment, Berapa Harga Tiketnya?

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan adanya tambahan transportasi masal LRT Jakarta 1B dari Velodrome - Manggarai ini akan memperkuat integrasi transportasi masal di DKI Jakarta. Dimana Jakarta merupakan model kota besar yang bisa dicontoh  provinsi lain.

LRT Jakarta diperpanjang sampai Manggarai/Dok: LRT Jakarta

"Niatan baik dari Pemda sangat diapresiasi karena dengan adanya anggaran dari pemerintah daerah, inisiasi dari pemerintah daerah sendiri, menghasilkan angkutan perkotaan yang jadi contoh provinsi-provinsi yg lain," ucap Budi Karya.

Wiji Nurhayat

Wiji Nurhayat - Blogger yang menyukai perkembangan perkeretaapian di Indonesia, maniak trading & investasi, serta badminton lover.

Posting Komentar

Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan sharing buttons di atas. Thank you.

Lebih baru Lebih lama