Potret Uji Coba EMU CR400AF, Si Kereta Cepat Jakarta-Bandung


PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) mempublikasikan 1 trainset model Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dengan tipe Electric Multiple Unit atau EMU CR400AF sedang diuji-coba. Kereta yang diklaim lebih cepat dan modern dengan yang ada di China sudah menyelesaikan berbagai uji coba di lintasan kereta di China. 

"Beberapa trainset KCJB (Kereta Cepat Jakarta Bandung) telah menyelesaikan Static Commissioning Test dan Dynamic Test," ungkap KCIC seperti dikutip dari media sosial miliknya, Rabu (22/12/2021).

Baca Artikel: Disebut Doctor Yellow, Ini Potret Kereta Cepat Inspeksi Jakarta-Bandung

Baca Artikel: Dirut KCIC: Kereta EMU KCJB CR400AF Lebih Cepat dan Modern daripada yang Ada di China

Baca Artikel: Potret Si Komodo, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Produksi China


Trainset-trainset yang nantinya telah menyelesaikan dynamic test akan segera dikirim ke Indonesia. Namun sebelum dikirimkan, akan dilakukan vehicle decoupling dan proses pengemasan terlebih dahulu. 

"Untuk kemudian dapat dikirimkan dan tiba dengan aman di Tanah Air," sebutnya.

 Potret Uji Coba EMU CR400AF, Si Kereta Cepat Jakarta-Bandung/Dok: KCIC


EMU CR400AF yang didesain dan dimanufaktur untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dibuat dengan menyesuaikan kondisi iklim tempat operasinya yaitu Indonesia. Pun demikian dengan desain, baik eksterior maupun interiornya, dirancang dengan sentuhan kekayaan alam dan budaya Indonesia. 

Sementara itu, proses produksi dari kesebelas trainset EMU CR400AF KCJB sudah  berjalan secara paralel di pabrikan CRRC Qingdao Sifang Co.Ltd. 

EMU CR400AF didesain dengan penggunaan energi yang rendah sehingga sangat ramah lingkungan dan mempunyai fitur keselamatan terbaru. Dengan bantuan dari Operation Command Center (OCC), EMU CR400AF ini juga dihubungkan dengan peralatan pemantau bahaya akibat gejala alam, diantaranya curah hujan tinggi, angin kencang, gempa bumi, serta obyek asing dan tahan api.

Sebagai catatan, EMU CR400AF untuk kereta cepat dirancang mampu meminimalisir getaran dan kebisingan sehingga penumpang dapat merasakan pengalaman menaiki kereta yang dapat melaju hingga kecepatan operasi 350 km per jam dengan nyaman (kecepatan desain 400 km per jam).

Potret Uji Coba EMU CR400AF, Si Kereta Cepat Jakarta-Bandung/Dok: KCIC


Salah satu alasan kenyamanan adalah adanya adopsi dari teknologi canggih Bogie yang menggunakan sistem suspensi primer dengan cylindrical helical spring dan suspensi sekunder yang menggunakan air spring serta dilengkapi dengan peredam. Comfort index beserta Stability index juga dipantau dengan sangat ketat.

Kecanggihan EMU CR400AF ini juga dapat ditemukan pada sistem pengoperasian unit serupa yang sudah menggunakan teknologi ATP (Automatic Train Protection) sesuai dengan standar yang disyaratkan. Sistem ini sudah terbukti mampu menunjang keselamatan dan diakui oleh industri kereta cepat dunia. 

Wiji Nurhayat

Wiji Nurhayat - Blogger yang menyukai perkembangan perkeretaapian di Indonesia, maniak trading & investasi, serta badminton lover.

Posting Komentar

Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan sharing buttons di atas. Thank you.

Lebih baru Lebih lama