Ingat! Mulai Hari Ini KA Bandara YIA Berbayar, Berikut Harga Tiketnya

 


KA Bandara YIA tak lagi gratis alias berbayar mulai hari ini, Jumat, 17 September 2021. Penumpang wajib membayar karena KA Bandara YIA resmi beroperasi secara komersial. 

KA Bandara YIA akan melayani masyarakat Yogyakarta dan wisatawan yang akan menuju Bandara Internasional Yogyakarta menuju Kota Yogyakarta maupun sebaliknya.

Baca Artikel: Hore! Naik KA Bandara YIA Masih Gratis, Cek Syarat dan Jadwalnya

Baca Artikel: KA Bandara YIA Beroperasi September, Tarif Cuma Rp20 Ribu dan Waktu Tempuh 40 Menit

“KA Bandara YIA akan beroperasi komersial mulai tanggal 17 September 2021, dengan tarif resmi yang telah ditetapkan Pemerintah," kata Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri dalam keterangan resmi.

Sebelumnya, KA Bandara YIA beroperasi tanpa tarif alias gratis bagi masyarakat umum sejak 1 September 2021 lalu. Dengan adanya penerapan tarif, berikut harga tiket KA Bandara YIA yang diberlakukan mulai hari ini:

KA Bandara YIA berbayar mulai hari ini/Dok: KAI 


  • Rp 20.000 untuk rute Yogyakarta – Bandara YIA 
  • Rp 10.000 untuk rute Yogyakarta – Wates 
  • Rp 20.000 untuk rute Wates – Bandara YIA

Tarif tersebut sudah memperhitungkan subsidi yang diberikan pemerintah. KA Bandara YIA ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Yogyakarta dan Jawa Tengah, khususnya di sektor bisnis dan pariwisata. 

Untuk itu Kemenhub memberikan subsidi melalui Public Service Obligation atau PSO bagi para penumpang untuk membantu meringankan biaya tiket kereta api Bandara YIA. 

Baca Artikel: Cerita China Berhasil Tikung Jepang di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Baca Artikel: Duh, Jadi Tak Sabar Naik LRT Jabodebek yang Beroperasi Pertengahan 2022

“Selain untuk meningkatkan perekonomian, manfaat yang tidak kalah penting dari keberadaan KA Bandara YIA ini adalah mengurangi tingkat kemacetan yang bisa menimbulkan biaya tinggi dan pengurangan polusi udara,” jelas Zulfikri.

Sementara itu, untuk jadwal perjalanan KA Bandara YIA masih sama dengan periode uji coba yakni sebanyak 8 kali perjalanan per hari. Jadwal KA Bandara YIA terdiri dari 4 perjalanan dari Stasiun Yogyakarta dan 4 perjalanan dari Bandara YIA setiap harinya. 

Masyarakat dapat membeli tiket KA bandara ini melalui aplikasi KAI Access atau ke loket pembelian langsung di Stasiun Yogyakarta, Wates, dan Stasiun KA Bandara YIA

“Dengan beroperasinya KA Bandara YIA ini, masyarakat dapat menempuh waktu lebih cepat ke Bandara YIA yaitu sekitar 40 menit dari Yogyakarta, dari waktu rata-rata 1,5 jam bila menggunakan kendaraan mobil atau moda transportasi lainnya," lanjut Zulfikri. 

Wiji Nurhayat

Wiji Nurhayat - Blogger yang menyukai perkembangan perkeretaapian di Indonesia, maniak trading & investasi, serta badminton lover.

Posting Komentar

Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan sharing buttons di atas. Thank you.

Lebih baru Lebih lama