Bisnis Angkutan Barang Jadi Tumpuan Utama KAI di Masa Pandemi

 


Mengakhiri semester I tahun 2021, kinerja Angkutan Barang KAI terus menunjukkan tren positif. Pada Semester I 2021 KAI melayani Angkutan Barang sebanyak 23,6 juta ton, naik 6 persen dibanding dengan Semester I 2020 dimana KAI mengangkut 22,1 juta ton barang.

Adapun pada bulan Juni 2021, barang yang diangkut KAI yaitu 4,3 juta ton, naik 5 persen dibanding periode bulan Mei 2021 yaitu sebanyak 4,1 juta ton.

Baca Artikel: KA Lokal Hanya untuk Pekerja Esensial dan Kritikal Mulai Senin Ini

“KAI terus bekerja keras dalam meningkatkan performa Angkutan Barang. Kenaikan volume barang yang KAI layani ini sangat penting bagi KAI untuk tetap survive di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung,” ungkap VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus saat dikonfirmasi, Senin (12/7/2021).

Angkutan batu bara masih menjadi andalan di sektor angkutan barang KAI. Pada Semester I 2021, komoditas batu bara merupakan penyumbang terbesar Angkutan Barang KAI dengan persentase mencapai 76 persen dari total Angkutan Barang KAI.

Baca Artikel: Update: Ini Syarat Terbaru bagi Penumpang Naik KRL saat PPKM Darurat

Angkutan barang KAI terus tumbuh tiap tahunnya/Dok: KAI


Pada komoditas tersebut, KAI terus berkoordinasi dan bersinergi dengan seluruh pihak, melakukan rekayasa pola operasi yang optimal, serta mencari mitra-mitra baru sehingga volume angkutan batu bara mengalami peningkatan. Pada Semester I 2021, KAI melayani angkutan batu bara sebesar 18 juta ton, naik 12 persen dibanding pada Semester I 2020 yaitu sebesar 16,1 juta ton.

“Selain bebas pungli, keunggulan Angkutan Barang menggunakan Kereta Api di antaranya adalah waktu pengiriman yang terjadwal dan tepat waktu, serta lebih ramah lingkungan,” terangnya.

Salah satu inovasi yang dilakukan KAI dalam layanan angkutan barang KAI adalah memberikan potongan harga sebesar 50 persen untuk pengiriman obat-obatan, Alat Pelindung Diri, dan Alat Medis Lainnya mulai 1 sampai dengan 31 Juli 2021 dengan menggunakan KAI Logistik Express. Hal tersebut merupakan bagian perwujudan komitmen KAI Group mendukung program pemerintah menanggulangi penyebaran Covid-19.

KAI Logistik Express adalah layanan angkutan barang menggunakan kereta api yang dikelola oleh anak usaha KAI yaitu KAI Logistik.

“Di tengah tingginya kasus Covid-19, tentu kebutuhan penanggulangan Covid-19 juga turut meningkat. Dengan kemudahan dan waktu pengiriman yang cepat dari KAI Logistik Express, diharapkan dapat memberikan manfaat untuk memastikan seluruh kebutuhan Covid-19 tersuplai dengan baik dan tepat waktu,” tutur Joni.

Angkutan barang KAI terus tumbuh tiap tahunnya/Dok: KAI


Baca Artikel: Informasi Penting! 10 Stasiun Kereta Api Ini Layani Vaksinasi Covid-19 Gratis

Untuk info lebih lanjut terkait layanan KAI Logistik Express dapat mengunjungi kalogistics.co.id atau menghubungi call center di 150121, email cs@kalogistics.co.id dan WhatsApp di 081388223205 ataupun sosial media Intagram @kalogistics, twitter @KA_Logistics dan Facebook KeretaApiLogistik.

Joni mengatakan, dengan adanya pembatasan mobilitas masyarakat saat ini, jasa pengiriman barang menggunakan Kereta Api berperan penting sebab dapat membantu mengurangi penyebaran Covid-19.

“KAI tetap melayani berbagai komoditas Angkutan Barang dengan Kereta Api pada masa PPKM Darurat mulai dari Batu Bara, Peti Kemas, hingga Retail. KAI akan mengoptimalkan layanan angkutan barang di tengah pembatasan yang diterapkan pada layanan Angkutan Penumpang,” tutup Joni.

Wiji Nurhayat

Wiji Nurhayat - Blogger yang menyukai perkembangan perkeretaapian di Indonesia, maniak trading & investasi, serta badminton lover.

Posting Komentar

Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan sharing buttons di atas. Thank you.

Lebih baru Lebih lama